Mengenal Nefropati Diabetik

Switch to Bahasa Inggris
Nefropati Diabetik yaitu penyakit ginjal yang disebabkan lantaran diabetes yang merupakan p Mengenal Nefropati Diabetik
Nefropati Diabetik yaitu penyakit ginjal yang disebabkan lantaran diabetes yang merupakan penyebab terbesar dari gagal ginjal. Tak kurang dari sepertiga penderita diabetes akan menjadi nefropati diabetik.
Orang dengan diabetes dan penyakit ginjal akan lebih jelek dibanding hanya menderita sakit ginjal saja. Hal ini disebabkan orang dengan diabetes cenderung untuk mempunyai penyakit lain yang menahun menyerupai tekanan darah tinggi, kolesterol dan penyakit pembuluh darah (atherosclerosis). Prang dengan diabetes juga cenderung mempunyai penyakit yang bekerjasama dengan ginjal menyerupai benjol kanal kemih dan rusaknya syaraf yang bekerjasama dengan kanal kemih.

Apa tanda-tanda nefropati diabetik?
Walaupun tidak tampak, tetapi tanda-tanda ini sangat umum , antara lain:
• Berkeringat di tangan, kaki dan muka
• Bertambahnya berat badan
• Gatal (pada penderita ginjal akut) dan kulit yang kering
• Ngantuk (pada penderita ginjal akut)
• Darah dalam urin (tidak sering)
• Ketidaknormalan detak jantung lantaran meningkatnya kadar potasium dalam darah
• Otot yang mengkerut-kerut

Dalam proses kerusakan ginjal, ginjal tidak akan bisa menyaring kotoran dalam darah. Kotoran tersebut akan tertumpuk dalam tubuh hingga mencapai tingkat meracuni yang disebut uremia. Hal ini akan diperburuk jikalau orang tersebut menderita tekanan darah tinggi.

Bagaimana nefropati diabetik didiagnose?
Nefropati diabetik sanggup dideteksi dengan terdapatnya protein dalam urin. Itulah sebabnya sangat penting mengecek urin kita paling tidak setahun sekali.

Bagaimana nefropati diabetik diobati?
Menurunkan tekanan darah dan menjaga gula darah yaitu hal yang paling pentinguntuk memperlambat proses menuju nefropati diabetik. Beberapa obat menyerupai ACE (angiotensin converting enzyme) sanggup membantu memperlambat kerusakan ginjal. Obat tersebut biasanya dipakai untuk menurunkan tekanan darah. ACE juga seringkali diberikan pada penderita diabetes untuk mencegah komplikasi meskipun tekanan darahnya normal-normal saja.

Jika tidak dilakukan perawatan dan pencegahan, ginjal akan menuju pada kerusakan dan sejumlah protein akan terdeteksi dalam urin. Kerusakan ginjal akut mengharuskan perawatan, dialisa (cuci darah) atau cangkok ginjal.


webMD

Previous Post Next Post