Manfaat Buah dan Daun Mengkudu



Mengkudu (Morinda citrifolia) adalah buah asli Asia Tenggara dan Australasia. Buah ini pada awalnya berwarna hijau, kemudian ketika matang berubah menjadi kuning, beraroma menyengat. Bagian tanaman yang biasa digunakan untuk obat adalah daun dan buahnya


Buah mengkudu mengandung bahan-bahan seperti minyak asiri, alkaloid, saponin, polifenol, antrakinon, flavonoid, proxeronine. Daunnya mengandung protein, zat kapur, zat besi, asam askorbat, calcium, I-arginin, niasin, thiamin, b-karoten, asperulosida dan asam amino.

Berikut adalah 10 manfaat yang paling penting dari buah ini.

Analgesik
Penelitian menunjukkan bahwa mengkudu dapat mengurangi rasa sakit dibandingkan dengan obat tramadol dan hidrokortison, sehingga efektif untuk nyeri sendi rematik dan lainnya.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Mengkudu dapat makrofag dan memperkuat sistem kekebalan tubuh, yang kemudian menghasilkan lebih limfosit. Hal ini karena mengkudu mengandung zat antibakteri yang melawan infeksi bakteri, termasuk Staphylococcus aureus dan Escherichia coli.

Antidepresan
Mengkudu merangsang seratonin dan melatonin, dua hormon yang sangat penting. Seratonin mempengaruhi suasana hati, emosi, dan tidur; ketidakseimbangan dalam kadar serotonin dapat menyebabkan depresi. Melatonin mengatur ritme tidur; menjaga kedua hormon ini akan membantu Anda mendapatkan kualitas tidur yang baik, juga akan meningkatkan mood Anda.

Perawatan Kulit
Mengkudu berguna untuk kesehatan kulit dan kulit kepala, dapat menyembuhkan penyakit kulit seperti eksim dan kurap, juga bila dioleskan pada kulit kepala secara teratur akan membuat rambut anda berkilau dan mengkudu juga dapat digunakan untuk menjaga kulit Anda agar tetap muda. Gosokkan jus mengkudu pada kulit yang terkena atau kulit kepala, biarkan selama 15 menit, bilas. Mengkonsumsi jus mengkudu juga dapat membantu kuku Anda tumbuh lebih kuat.

Anti tumor / Anti kanker
Mengkudu merangsang produksi oksida nitrat. Nitrat oksida adalah zat yang sangat berguna untuk mengurangi pertumbuhan tumor dan membantu tubuh melawan replikasi sel kanker. Mengkudu juga mengandung zat yang kaya polisakarida imunomodulator. Mengkudu dapat meningkatkan kekebalan tubuh.  Satu hal lagi yang penting adalah jumlah fitokimia dalam mengkudu yang dapat melawan kanker. Fitokimia yang ditemukan dalam sayuran dan rempah-rempah, jika dimakan secara teratur akan membangun sistem kekebalan tubuh. Dalam kasus kanker, mengkudu  akan memperlambat, menghentikan, atau benar-benar mematikan sel kanker.
Pemakaiaan mengkudu untuk kanker lebih ditekankan untuk kemopreventif.  Berikut ramuan dari buah dan daun mengkudu untuk mengobati kanker :
Ramuan Buah Mengkudu
Bahan untuk satu gelas.
-          1-2 buah mengkudu
-          100 ml air
Campur buah mengkudu dengan air, lalu haluskan dengan menggunakan blender. Jus mengkudu dapat diminum 2 kali sehari pada pagi dan malam hari, masing-masing sebanyak satu gelas.

Ramuan dengan daun mengkudu
Rebus 200 gram daun mengkudu kering atau 40 gram daun mengkudu segar dengan 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Teh daun mengkudu ini diminum 2 kali pada pagi dan sore hari.

Hipertensi
Kandungan fitonutrien, selenium, dan vitamin C yang sangat tinggi dalam mengkudu dapat memperbaiki kerusakan radikal bebas pada dinding pembuluh darah. Mengkudu juga memiliki proxeronine, yang diperlukan bagi tubuh untuk memproduksi xeronine. Xeronine membantu mengkoordinasikan sel untuk bekerja harmonis, menurunkan stres dan tekanan darah. Mengkudu juga memiliki asam amino, triptofan. Ketika triptofan memasuki aliran darah dan masuk ke sel, dapat membantu memproduksi zat-zat penting lainnya , seperti seratonin, yang sangat bagus untuk menurunkan tekanan darah dengan efek relaksasi.

Kolesterol
Mengkudu mencegah penyerapan kolesterol LDL, sehingga mengurangi plak di arteri, menjaga Anda tubuh anda tetap sehat.

Meningkatkan daya ingat
Mengkudu dapat mencegah penyerapan kolesterol dalam jumlah yang besar dari pitosterol.Hal  ini secara langsung dapat membantu otak tetap sehat, dan dan menjagan agar pasokan oksigen ke otak dapat berjalan baik.

Sembelit
Mengkudu mengandung serat larut yang sangat tinggi, hal ini membantu mengurangi ketegangan pada usus Anda dan melunakkan tinja. Juga memiliki vitamin dan mineral yang diperlukan untuk menjaga usus agar tetap sehat.

Antibakteri / anti jamur / antivirus
Mengkudu memiliki sifat untuk melawan infeksi karena mengandung anthraquinones, scopoletin, dan terpene, yang sangat berguna untuk melawan penyakit.
Previous Post Next Post