Manfaat Kopi untuk Kesehatan



Ada banyak pertentangan tentang manfaat kopi untuk kesehatan tubuh, banyak yang menyatakan kopi baik untuk kesehatan dan ada juga yang beranggapan sebaliknya. Sebenarnya hal ini tidak terlepas dari pola, jumlah konsumsi kopi itu sendiri serta takaran gula sebagai pelengkap minum kopi. Berikut akan dipaparkan tentang manfaat kopi untuk kesehatan 



Mencegah Nyeri Otot
Dua cangkir kopi dapat mencegah nyeri otot pasca latihan hingga 48% ( Dari Journal of Pain, Maret 2007)
Meningkatkan asupan serat Anda
Secangkir kopi memberikan kontribusi hingga 1,8 gram serat dari asupan yang direkomendasikan dari 20-38 gram. (Dari Journal of Agricultural and Food Chemistry ).
Menurunkan risiko diabetes tipe 2
Mereka yang mengkonsumsi 6 cangkir atau lebih per hari memiliki risiko 22% lebih rendah terserang diabetes. (Dari Archives of Internal Medicine). Sebuah tinjauan baru-baru ini penelitian yang dilakukan oleh Harvard Dr Frank Hu menunjukkan bahwa risiko diabetes tipe II menurun sebesar 9% untuk setiap cangkir kopi yang dikonsumsi sehari-hari.
Menurunkan risiko penyakit Alzheimer
Ada banyak bukti bahwa kafein dapat melindungi terhadap penyakit Alzheimer. (Dari European Journal of Neurology).
Mengurangi risiko bunuh diri
Studi 10 tahun dari 86.000 perawat wanita menunjukkan penurunan risiko bunuh diri di peminum kopi. (Dari Archives of Internal Medicine).
Perlindungan terhadap Parkinson
Orang dengan penyakit Parkinson cenderung menjadi perokok dan peminum kopi dibandingkan saudara mereka yang sehat. Penelitian terbaru dari Swedia mengungkapkan bahwa minum kopi mengurangi risiko Parkinson.
Penelitian terakhir juga menunjukkan bahwa kopi dapat meningkatkan gairah seks wanita, tapi fakta bahwa itu hanya diuji pada tikus.
Mengurangi Risiko Kanker Hati
Para peneliti di USC Norris Comprehensive Cancer Center menemukan bahwa mereka yang mengkonsumsi 1-3 cangkir kopi sehari memiliki 29% penurunan risiko terkena kanker hati.
Panjang Umur
kopi dikaitkan dengan umur panjang dan kesehatan jantung. Studi lain yang dipublikasikan pada 17 Juni 2008 edisi jurnal Annals of Internal Medicine menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi kopi memiliki risiko lebih rendah dari kematian akibat kanker, penyakit jantung, dan faktor-faktor lain.
Mencegah Kerusakan retina
Studi dari Cornell University menunjukkan bahwa kopi dapat mencegah kerusakan retina akibat stres oksidatif. Kafein bukanlah penyebab di sini, tapi asam klorogenat, yang merupakan salah satu antioksidan kuat yang ditemukan dalam biji kopi.
Kopi hitam mencegah gigi berlubang
Para peneliti dari Brazil menemukan bahwa kopi hitam dapat membunuh bakteri pada gigi yang mengarah ke kerusakan gigi. Menambahkan susu atau gula untuk kopi meniadakan manfaat ini.
Kopi Sebagai Antioksidan
Kopi juga mengandung antioksidan alami.  Satu cangkir kopi mengandung lebih banyak antioksidan daripada jus anggur, blueberry, raspberry dan jeruk.  Antioksidan dalam kopi dapat mengurangi peradangan, mengurangi risiko gangguan yang berhubungan dengan itu, seperti penyakit kardiovaskular.
Previous Post Next Post