Manfaat Buah Pisang

Pisang ternyata mengandung banyak manfaatn untuk tubuh. Pisang sangat terkenal dan biasa dikonsumsi sehari-hari, ternyata pisang memiliki beberapa zat yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaat dari buah pisang.




Kalium
Pisang adalah salah satu sumber makanan yang mengandung banyak kalium. Mineral ini sangat penting untuk menjaga fungsi jantung dan mengatur tekanan darah.  Sejumlah penelitian telah menunjukkan efektivitas makanan kaya kalium seperti pisang dalam menurunkan tekanan darah tinggi.  Penelitian lebih lanjut oleh New England Journal of Medicine menyarankan makan pisang secara teratur dalam diet dapat mengurangi risiko Anda mengalami stroke hingga 40%.  Kalium dalam pisang juga bermanfaat bagi ginjal dan tulang. Asupan kalium yang baik menekan ekskresi kalsium dalam urin yang dapat menyebabkan batu ginjal.

Sumber Energi
Karena banyaknya vitamin dan mineral yang terkandung dalam pisang sehingga buah ini dapat dijadikan menjadi sumber energi alami.
Mengkonsumsi dua buah pisang akan memberikan energi yang cukup untuk menjalankan latihan selama satu jam setengah.  Pisang juga ideal untuk dijadikan makan selama ketika Anda merasa lelah dan lesu.
Dibandingkan dengan mengkonsumsi kafein atau camilan manis, pisang memberikan tingkat energi yang lebih lama tanpa resiko yang disebabkan oleh kafein.

Membantu Pencernaan
Pisang mengandung banyak serat makanan, serat membantu pencernaan menjadi  lebih lancar melalui dan meningkatkan eliminasi. Pisang juga dipercaya dapat mengobati sembelit dan lebih berkhasiat dibandingkan dengan pencahar.
Unsur penting lainnya yang terkandung oleh pisang adalah fructo-oligosakarida (FOS). FOS dikenal sebagai prebiotik yang penting dalam saluran pencernaan dan membantu menyerap nutrisi lebih efisien.  Pisang juga dapat membantu meringankan gejala sakit maag.

Vitamin B6
Pisang mengandung vitamin B6. Vitamin ini penting untuk hemoglobin darah agar sehat.  B6 juga berperan dalam menjaga kadar gula darah yang tepat, mensintesis asam amino dan memproduksi antibodi untuk kekebalan tubuh. Satu buah pisang memiliki seperlima asupan harian vitamin B6.

Vitamin dan Mineral
Selain kalium dan vitamin B6, pisang juga memiliki kadar vitamin C, magnesium dan mangan. Pisang juga merupakan sumber vitamin B lainnya dan mineral seperti yodium, zat besi, selenium dan zinc.

Menjaga Kesehatan Kulit
Bahkan kulit buah yang menakjubkan ini memiliki kegunaan. Kulit pisang telah digunakan untuk merawat kondisi kulit seperti psoriasis dan jerawat.  Kupas kulit pisang dan gosokkan di daerah yang terkena.  Dalam kasus psoriasis mungkin ada beberapa bagian kulit yang kemerahan awalnya, tapi ini akan terus membaik setelah beberapa hari penggunaan.
Perawatan kulit pisang bahkan digunakan untuk menyembuhkan kutil. Gosokan sepotong kecil kulit pisang pada kutil dan kemudian tempelkan semalam lakukan selama setidaknya satu minggu.

Anti Kanker
Penelitian hewan Jepang baru-baru ini terkait pisang yang sudah masak ternyata memproduksi senyawa yang disebut tumor necrosis factor. Senyawa ini merupakan sitokin yang diyakini berpotensi untuk meningkatkan jumlah sel darah putih, sehingga meningkatkan kekebalan dan memerangi perubahan sel kanker.

Meningkatkan Mood dan Mengurangi Stres

Pisang merupakan sumber dari asam amino triptofan yang akan diubah tubuh menjadi serotonin. Kadar serotonin yang tepat membantu memperbaiki mood  dan mengurangi stres dan juga membantu mengatur pola tidur yang baik. 
Previous Post Next Post