Cara Menciptakan Sambal Terasi Paling Mantap

Cara Membuat Sambal - Salah satu jenis menu kuliner yang menjadi ciri khas kuliner Indonesia ialah kuliner pedas. Hampir sebagian besar masyarakat di Indonesia menyukai kuliner dengan cita rasa yang pedas dan gurih. Tidak heran kalau masyarakat Indonesia seringkali menghidangkan sambal di atas meja makan bersama dengan lauk pauk lainnya. Menikmati nasi tanpa sambal memang rasanya kurang lengkap, baik sambal terasi, sambal ijo, sambal goreng atau jenis sambal lainnya yang bermacam-macam di beberapa wilayah Indonesia. Seperti yang kita ketahui bahwa sambal merupakan saus yang dibentuk dengan materi utama cabe yang dilumarkan sehingga keluar sari cabe yang berasa pedas dan dicampur dengan garam, terasi dan beberapa rempah lainnya.

Rasa pedas yang dihasilkan oleh sambal memang cocok untuk pengecap orang Indonesia, sehingga menu apapun kalau tidak dihidangkan bersama sambal memang rasanya kurang lengkap. Selain paling nikmat di cocol dengan gorengan atau ayam goreng, sambal juga sanggup menjadi menu istimewa, menyerupai sambal goreng ati, sambal goreng tempe dan masih banyak varian kuliner lainnya yang memakai materi dasar sambal.

 Salah satu jenis menu kuliner yang menjadi ciri khas kuliner Indonesia ialah kuliner Cara Membuat Sambal Terasi Paling Mantap

Cara Membuat Sambal


Meski banyak jenis sambal dari tiap-tiap daerah, salah satu jenis sambal yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat di Indonesia, ialah sambal terasi. Sambal terasi ini pembuatannya dicampur dengan memakai terasi udang sehingga menambah cita rasa pedas serta harum udang yang dihasilkan dari terasi. Dari tingkat kepedasan sambal yang diracik sanggup diubahsuaikan dengan selera masing-masing.

Jika anda termasuk penyuka kuliner pedas, anda juga sanggup menciptakan sambal terasi sendiri dirumah dengan jumlah cabe yang sanggup di sesuaikan dengan selera anda. Untuk anda yang masih galau mempersiapkan materi apa saja, di bawah ini .com akan membantu anda untuk menciptakan sambal terasi sendiri dirumah dengan gosip Cara Membuat Sambal terasi secara lengkap, menyerupai berikut:

Bahan-bahan:
  • 10 buah cabe merah berukuran besar, sesuai selera
  • 10 buah cabe rawit merah, sesuai selera
  • 5 siung bawang merah
  • 1 sdm terasi udang matang
  • Garam secukupnya
  • Gula jawa secukupnya
  • 1 buah tomat berukuran besar
  • 3 lembar daun salam
  • 1 batang serai, geprek
  • 3 iris lengkuas, geprek
  • 5 sdm minyak goreng


Cara Membuat Sambal Terasi:
  1. Haluskan cabe merah, cabe rawit, bawang merah dan terasi. Ulek materi tersebut sampai halus dan merata.
  2. Panaskan minyak goreng, masukan tomat yang telah diiris tipis dan biarkan agak matang, lalu masukan bumbu halus, garam, gula jawa dan materi lainnya. Aduk sampai merata.
  3. Tumis semua materi dengan api sedang sampai tercampur dan matang.
  4. Setelah sambal terasi matang, angkat dan sajikan dalam mangkuk saji.


Untuk rasa lebih nikmat, sebaiknya anda menentukan terasi udang orisinil Cirebon yang dibakar terlebih dahulu.

Cara Membuat Sambal


Dengan Cara Membuat Sambal menyerupai diatas, anda sanggup menciptakan sambal terasi dengan jumlah cabe yang sesuai dengan selera anda masing-masing. Dengan menciptakan sambal sendiri, dengan begitu akan lebih terjamin kebersihan dan tanpa memakai materi pengawet. Sekian ulasan mengenai Cara Membuat Sambal Terasi Paling Mantap, semoga gosip diatas sanggup bermanfaat dan menambah wawasan memasak anda.
Previous Post Next Post