Makanan Penurun Kadar Kolesterol

Kolesterol merupakan komponen yang biasanya disintesis dalam tubuh dan juga terdapat di banyak makanan yang kita konsumsi. Kolesterol penting untuk menjaga integritas dan permeabilitas membran sel, memproses hormon-hormon penting termasuk estrogen, androgen dan cortisol dan membantu metabolisme vitamin larut lemak. Namun, ketika kadar kolesterol meningkat melebihi 200 miligram per desiliter, Anda bisa beresiko untuk beberapa masalah terkait lainnya seperti tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.



Berikut beberapa jenis makanan yang dapat membantu anda untuk mengontrol kadar kolesterol.
Gandum
Gandum merupakan sumber yang kaya serat yang mengandung beta glucan yang memiliki kapasitas untuk mengikat kolesterol yang dalam darah. Beta glucan juga membantu ekskresi kolesterol dari tubuh sehingga akan mengurangi kadar kolesterol. Asupan sekitar 5 gram serat larut sehari dapat membantu mengurangi LDL kolesterol "buruk" hampir 5 persen.
Bawang Putih
Kandungan bawang putih yang kaya antioksidan dan mengandung sulfur sehingga bawang putih dapat berperan penting dalam mengatur kadar kolesterol. Tidak hanya itu bawang putih juga dapat mengurangi kolesterol LDL, penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi rutin bawang putih segar juga dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol "baik" HDL. Taburkan sedikit kupasan atau cincangan bawang putih segar ke menu makanan anda akan sangat bermanfaat untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh.
Minyak kedelai dan minyak jagung
Minyak tanaman seperti minyak kedelai dan minyak jagung mengandung sterol atau pitosterol; zat ini memiliki kemampuan untuk mencegah tubuh menyerap kolesterol yang secara alami ada dalam makanan yang Anda makan. Sterol dan stanol juga ditemukan di beberapa sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian. Selain itu, juga telah senyawa ini meningkatkan efek penurun kolesterol dari obat statin yang umumnya diresepkan untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi.
Beras Merah
Beras merah merupakan sumber yang kaya vitamin, mineral dan juga serat. Ganti konsumsi beras anda dengan beras merah untuk mengurangi kolesterol. Dedak dari beras merah mengandung minyak yang sangat tak jenuh dan berperan penting dalam memastikan kadar kolesterol Anda tetap rendah.
Kunyit
Kita tahu kunyit mempunyai khasiat yang luar biasa pada penyembuhan luka. Tetapi beberapa penelitian juga menemukan bahwa kunyit juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan jantung. Kunyit telah terbukti menurunkan kadar kolesterol LDL dan oleh karena itu, dapat membantu mengurangi penumpukan plak di dinding arteri. Menambahkan bubuk kunyit pada makanan adalah salah satu cara mengontrol kadar kolesterol.

Terong
Terong mengandung zat yang disebut asam klorogenat yang memiliki kemampuan sebagai antioksidan. Terong memiliki kemampuan untuk melawan peningkatan kolesterol LDL dan oleh karena itu, mengkonsumsi terong terbukti bermanfaat dalam memerangi kolesterol tinggi.
Teh Hijau
Teh hijau mengandung zat yang disebut epigallocatechingallate. Zat ini merupakan antioksidan yang sangat kuat yang berguna melawan tingginya tingkat kolesterol LDL.
Daun Arthichoke
Daun dari tanaman artichoke mengandung senyawa yang disebut cynarin; penelitian menunjukkan bahwa daun ini memiliki kemampuan untuk meningkatkan produksi empedu dalam hati. Sehingga dapat meningkatkan ekskresi dari kolesterol, mencegah pengendap pada dinding arteri.


Makanan-makanan trsebut diatas dapat membantu anda mengurangi kadar kolesterol, tetapi untuk hasil yang signifikan, sangat penting untuk menggabungkan diet dengan olahraga teratur dan gaya hidup sehat. Bagi mereka yang kelebihan berat badan, menurunkan berat badan 2 sampai 5 kilogram dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi. Mengurangi merokok dan konsumsi alkohol adalah langkah-langkah lain yang juga harus dipertimbangkan untuk menurunkan kadar kolesterol.
Previous Post Next Post