Manfaat Pepaya dan Cara Membuat Lotion Buah Pepaya


Pepaya, sangat banyak sekali manfat yang kita dapat dari buah ini. Disamping rasanya yang lezat, pepaya juga mengandung banyak sekali vitamin dan zat-zat yang dibutuhkan untuk kesehatan kita. 




Pepaya merupakan buah yang kaya vitamin C dan beta karoten, yang merupakan dua antioksidan alami yang kuat. Kedua zat selain "bertempur" dengan radikal bebas dan mencegah aksi mereka, juga memperlambat proses aterosklerosis dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.
Pepaya kaya dengan enzim yang disebut papain atau protease papain (sistein protease), yang bertindak untuk menguraikan protein dan peptida.
Enzim ini membantu dalam proses pencernaan dan mendorong "penghapusan produk limbah". Di beberapa negara pepaya digunakan untuk memasak berbagai jenis daging .
Papain juga memiliki efek anti inflamasi, yaitu mengurangi peradangan dalam tubuh. Maka pepaya juga dapat digunakan sebagai lotion kulit (masker) untuk mengangkat sel-sel mati dan bertindak sebagai pengelupasan ringan pada kulit.

Berikut cara membuat lotion atau masker dengan bahan dasar buah pepaya
Bahan:
pepaya segar
kain kasa
secangkir teh chamomile didinginkan

Persiapan:
Kupas pepaya dan buang bijinya. Lalu blender pepaya. Tiriskan haluskan melalui saringan atau kain kasa. Lalu tambahkan teh chamomile dalam jus pepaya ini dengan komposisi  1:1 dan aduk rata.

Cara menggunakan lotion (masker) pepaya ini adalah dengan mengoleskan lotion ke wajah dan leher dengan menggunakan kapas, hindari kontak dengan mata dan daerah kulit di sekitar mata. Biarkan selama 10 menit, kemudian bilas wajah Anda. Llotion ini  dapat disimpan dalam lemari es hingga 2 hari.
Previous Post Next Post