Manfaat Daun Kelor


Kelor disebut juga tumbuhan ajaib karena banyaknya manfaat yang dikandung oleh pohon ini, bagian dari pohon kelor yang biasa dimanfaatkan untuk dikonsumsi adalah daun, biji, buah, getah, bunga, akar dan kulit.  Daun kelor kaya akan nutrisi seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, Vitamin D, dan vitamin E, selain itu daun kelor juga kaya akan asam amino karena mengandung 18 jenis asam amino yang berguna untuk tubuh.



Berikut adalah beberapa manfaat mengkonsumsi daun kelor untuk kesehatan.
1.  Anti-inflamasi:
Daun kelor mengandung zat besi, sifat anti-inflamasi dan antiseptik. Hal ini membantu untuk menyembuhkan luka ringan seperti memar, luka dan luka bakar. Hal ini juga membantu mempercepat penyembuhan luka.
3. Laktasi
Daun kelor memiliki sifat Ayurvedic, sehingga sangat baik bagi ibu menyusui untuk membantu meningkatkan produksi susu.
4. Menurunkan kadar gula
Daun kelor juga sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes, karena daun kelor dapat memberikan energi untuk tubuh, dan dapat menurunkan kadar gula dalam tubuh.
Cara mengolah daun kelor untuk menurunkan kadar gula adalah sebagai berikut.
Ambil segenggam daun kelor, rebus dalam 3 gelas air, didihkan rebusan sampai menjadi 1 gelas, saring air rebusan daun kelor, minum 3 kali sehari secara teratur selama 2 bulan.
5. Antioksidan:
Antioksidan berperan penting dalam menjaga sel-sel sehat dalam tubuh kita karena dapat mengurangi risiko kanker dan memperlambat proses penuaan. Daun kelor mengandung sekitar 30 antioksidan yang dapat menjaga kulit agr tetap sehat. Daun kelordapat dimasukkan dalam menu diet anda untuk merangsang metabolisme dan menurunkan berat badan.
6. Menyuburkan rambut
Daun ini juga bermanfaat untuk rambut dan kulit kepala karena memiliki banyak vitamin dan mineral. Daun kelor dapat digunakan untuk membersihkan rambut dan kulit kepala, mencegah kerusakan rambut, ketombe, dan rambut kering. Daun kelor juga dapat meningkatkan sirkulasi darah pada kulit kepala dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Dengan meningkatnya sirkulasi darah, folikel rambut mendapatkan lebih banyak nutrisi, sehingga rambut akan kuat dan sehat.
7. Sistem saraf
Daun kelor juga membantu melawan berbagai gangguan sistem saraf. Mengkonsumsi daun kelor dapat menurunkan gejala migrain, sakit kepala, lekas marah, dan lain sebagainya.
8. Membantu pencernaan
Daun kelor dapat membantu pencerna makanan dengan baik. Dengan demikian, lebih banyak nutrisi yang diserap oleh semua bagian tubuh secara maksimal.
10. Detoksifikasi:
Daun kelor dapat membantu detoksifikasi dan membersihkan tubuh sehingga dapat berfungsi secara optimal.
11. Jerawat
Ekstrak daun kelor ini banyak digunakan dalam industri kosmetik karena memiliki dapat membantu menyehatkan kulit. Daun kelor dapat menghilangkan kotoran dari kulit dan membantu peremajaan kulit serta menjaga kealamian warna kulit.
Cara mengolah daun kelor untuk penyembuhan jerawat.
Ambil segenggam daun kelor, giling dengan sedikit air sampai halus, oleskan secara merata pada wajah Anda sebagai masker, biarkan selama 15-20 menit, cuci dengan air.
Previous Post Next Post