Manfaat Bawang Putih


Bawang putih diyakini dapat mencegah penyakit jantung, aterosklerosis, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi dan kanker. Ekstrak bawang putih dapat menghambat kalsifikasi vaskular pada pasien dengan kolesterol darah tinggi. Bawang putih memiliki efek antioksidan kuat. Antioksidan dapat membantu melindungi tubuh melawan radikal bebas yang merusak. Karena efek antibakteri, bawang putih dapat digunakan untuk penyembuhan flu dan pilek.



Berikut manfaat bawang putih dan pengolahannya untuk berbagai penyakit.
1. Jerawat
Bawang putih dapat digunakan untuk penyembuhan jerawat, caranya :
Tumbuk dua siung bawang putih oleskan pada peradangan. Hasil akan terlihat setelah beberapa menit, pembengkakan jerawat akan berkurang.
2. Herpes
Herpes adalah infeksi virus pada mulut. Bawang putih dapat digunakan untuk penyembuhan penyakit ini, caranya dengan iris sepotong bawang putih letakkan di tempat yang sakit sekitar 10 menit. Untuk hasil yang baik Anda harus melakukan ini lima kali sehari.
3. Radang telinga
Bawang putih membantu untuk mengobati radang telinga, dan resepnya cukup mudah. Tambahkan bawang putih yang telah dihancurkan campurkan dalam satu sendok minyak zaitun panas dan biarkan selama satu jam. Gunakan dua kali sehari dengan cara meneteskan minyak ini di telinga Anda. Peradangan akan sembuh dalam beberapa hari.
4. Mengangkat benda yang melukai kulit
Ketika sepotong kayu kecil terselip diantara kulit, mungkin akan sulit untuk mengangkatnya, cukup tempelkan irisan kecil bawang putih dan tutup dengan plester, maka benda itu akan terangkat kepermukaan kulit dengan sendirinya.
5. Rambut rontok
Bawang putih mempunyai kegunaan luar biasa pada pemulihan rambut, karena tingginya kadar vitamnin B6. Beberapa studi klinis telah menunjukkan hasil yang positif dengan vitamin B6 sebagai agen pertumbuhan rambut.
Jadi jika anda memiliki masalah ini, pijat dengan minyak bawang putih beberapa kali seminggu dan biarkan selama 10 menit.
 6. Sirup untuk batuk
Bawang putih bertindak sebagai antibiotik dan dapat mencegah batuk. Caranya yaitu dengan mencincang  halus dua siung bawang putih, tambahkan dalam 100 ml air mendidih. Tunggu beberapa menit dan kemudian minum.
7. Perawatan Kulit
Allicin merupakan senyawa dalam bawang putih yang dapat melembutkan kulit. Tambahkan sedikit bawang putih dalam masker wajah Anda, tahan beberapa menit lebih lama dari biasanya dan bilas dengan air hangat.

Efek Samping Bawang Putih
Efek samping dari bawang putih diantaranya adalah bau mulut, makan terlalu banyak bawang putih mentah dapat menimbulkan masalah misalnya iritasi atau bahkan kerusakan pada saluran pencernaan. Beberapa orang alergi terhadap bawang putih. Gejala alergi bawang putih termasuk ruam kulit, suhu dan sakit kepala.
Previous Post Next Post