Sukses Menjalani Bedrest

Switch to Bahasa Inggris

 anda beraktifitas dan bekerja secara normal hingga suatu ketika dokter meminta anda untuk Sukses Menjalani BedrestKehamilan anda tampak normal, anda beraktifitas dan bekerja secara normal hingga suatu ketika dokter meminta anda untuk beristirahat total di kawasan tidur demi kesehatan kehamilan dan calon bayi.

Ada banyak alasan yang menciptakan dokter meminta anda untuk beristirahat total. Pendarahan, kontraksi yang tidak normal atau rekam medis dan sejarah kehamilan anda sanggup menjadi penyebab.

Meski begitu tanpa penyebab di atas dimungkinkan dokter juga meminta anda beristirahat total. Hal ini dimungkinkan kalau test medis mengindikasikan adanya komplikasi dalam kehamilan atau kalau dokter melihat pertumbuhan janin anda tidak normal, kurang baik atau bahkan memburuk.

Yang menjadi pertanyaan apa yang menjadi penyebab ibu hamil harus menjalani istirahat total? Secara umum biasanya tekanan darah ibu tinggi termasuk di antaranya preeklamsia dan eklamsia, pendarahan vaginal termasuk di antaranya plasenta previa, kemungkinan kelahiran prematur dan perubahan kondisi rahim.

Jika anda mengandung bayi kembar, maka kehamilan anda tergolong kehamilan yang beresiko tinggi dan memerlukan pemantauan dari dokter dengan lebih intensif. Jika dokter menemukan sesuatu yang tidak normal maka anda bakal diharuskan menjalani bed rest.

Pengalaman bed rest akan selalu berbeda antara ibu hamil yang satu dengan yang lain. Beberapa ibu mungkin akan mengetahui lebih awal alasannya ialah adanya rekam medis dan sejarah kehamilan sebelumnya sehingga dia harus menjalani bed rest lebih awal. Tetapi mungkin juga ada ibu lain yang hanya perlu menjalani bed rest beberapa ahad saja. Sehingga tidak mengherankan kalau ada ibu hamil yang harus menjalani seluruh hari-hari kehamilannya hingga hari kelahiran di atas kawasan tidur. Dokter tentunya punya alasan khusus berapa usang ibu hamil harus menjalani bed rest.

Mengapa dibutuhkan bed rest?

Bed rest pada ibu hamil yang mempunyai tekanan darah tinggi dibutuhkan untuk menurunkan stres fisik maupun emosi dengan impian tekan darah sanggup segera turun. Pendarahan sanggup terjadi alasannya ialah acara harian, sehingga dengan bed rest diharapkan bisa mengurangi pendarahan. Sedangkan ibu hamil yang pernah mengalami kelahiran prematur atau kontraksi yang tidak normal mungkin akan diharuskan menjalani bed rest dengan lebih ketat.

Tergantung dari kondisi ibu hamil masing-masing dokter akan meminta anda berbaring di kawasan tidur untuk mempermudah anutan darah menuju plasenta atau berbaring dengan kaki yang sedikit lebih tinggi.

Apa yang boleh dan tak boleh dilakukan selama bed rest?

Terkadang bed rest tidak seketat harus berbaring di kawasan tidur saja. Tetapi mungkin hanya berupa semacam “tahanan rumah” yang mengharuskan ibu tinggal di rumah tanpa acara lain dan hanya diperkenankan duduk, bangkit dan berdiri saja plus larangan relasi intim, olahraga dan bangkit untuk mandi. Beberapa juga mungkin diharuskan untuk menjalani bed rest di rumah sakit, sehingga kehamilan sanggup selalu dimonitor.

Seberapapun ringannya jenis bed rest tetap akan berat bagi kesehatan anda. Untuk itu usahakan anda tetap berolahraga ringan pada kaki anda supaya anutan darah tetap terjaga serta mencegah timbulnya penyumbatan dan menciptakan otot tetap bergerak.

Sulit tidur, perubahan metabolisme tubuh, pengeroposan tulang dan nyeri sanggup merupakan beban bagi kesehatan anda. Untuk itu kalau anda diharuskan menjalani bed rest penuh (24 jam sehari) makan sebaiknya harus ada seseorang yang selalu siap membantu dan mendampingi anda.

Untuk itu beberapa pertanyaan fundamental perlu anda lontarkan pada dokter sebelum menjalani bed rest:
• Bed rest menyerupai apa yang harus dijalani?
• Bolehkah saya ke kamar mandi sendiri?
• Bolehkah saya menyiapkan makanan saya sendiri?
• Bolehkan saya bangkit untuk mandi?
• Posisi menyerupai apa yang harus saya jalani selama bed rest?
• Bolehkan saya bekerja atau bekerja di rumah?
• Apakah saya diperbolehkan mengendarai kendaraan?
• Seberapa banyak saya diperbolehkan berjalan?
• Apakah relasi intim dengan suami dilarang?
• Aktivitas apa yang harus saya lakukan untuk menjaga sirkulasi darah tetap normal?

Tips menjalani bed rest

Bed rest mungkin akan membosankan, tetapi bahu-membahu bed rest sanggup dinikmati lho. Beberapa tip yang mungkin sanggup dilakukan antara lain:

Patuhi jadwal. Meskipun anda harus berbaring seharian penuh, anda tidak merasa bosan kalau sanggup melaksanakan beberap hal sendiri. Setelah bangkit pagi, ganti baju dan menciptakan rencana melalui hari ini. Memiliki rencana akan menciptakan anda merasa tetap dinamis.

Lakukan apa yang ketika ini sanggup dilakukan. Membaca ialah hal yang umum dilakukan. Bacaan mengenai persiapan kelahiran, menentukan nama, menentukan asuransi anak, panduan menentukan dokter anak atau menuntaskan sebuah novel sanggup anda lakukan untuk melewati hari-hari anda. Anda mungkin tak akan sempat melakukannya alasannya ialah anda akan sangat sibuk sesudah bayi anda lahir.

Mempersiapkan kelahiran. Bed rest bukan berarti anda anda tidak bisa melaksanakan apa-apa. Mempersiapkan popok dan item lain yang dibutuhkan ketika kelahiran juga sanggup anda lakukan.

Jangan sungkan meminta tolong. Saat teman atau saudaraa berkunjung, jangan sungkan untuk minta tolong. Buatlah daftar sehingga ketika seseorang memperlihatkan pertolongan anda sanggup memintanya dengan segera. Kunjungan teman atau keluarga juga sanggup meningkatkan semangat kita. Hanya pastikan mereka mengunjungi anda pada waktu yang nyaman bagi anda.

Menjadi pakar. Laptop dan internet, buku wacana kehamilan, parenting dan buku kesehatan anak sanggup anda baca. Jika anda merasa kurang nyaman membaca buku wacana kehamilan beresiko tinggi, maka anda sanggup menentukan buku lain, contohnya wacana menyusui atau membaca wacana perkembangan anak.

Sistim dukungan. Jika anda mempunyai saluran internet di rumah, chatting dan laptop mungkin sanggup anda gunakan sebagai salah satu pilihan sistim proteksi disamping telpon genggam.

Hargai orang yang membantu anda. Jika anda tergantung berat pada seseorang, tunjukkan penghargaan yang cukup bagi mereka.



Nazz/kidshealth, pennhealth, baby center

Previous Post Next Post