Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan


Apa manfaat kesehatan dari air kelapa?
Air kelapa dapat dikatakan sebagai minuman yang  super , di konsumsi di seluruh dunia air kelapa dipercaya mempunyai banyak khasiat dan manfaat untuk kesehatan. Air kelapa adalah cairan yang terbentuk secara alami di dalam tempurung kelapa yang bantak terdapat di negara-negara tropis, bahkan saat ini air kelapa ini banyak juga yang sudah di kemas sebagai minuman kemasan oleh beberapa perusahaan minuman.


Air kelapa diduga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, komposisi air kelapa sendiri adalah 94% adalah air dan cukup rendah kalori, mengandung kalium dan vitamin B. Air kelapa juga mengandung elektrolit, enzim dan asam amino. Beberapa zat dalam air kelapa secara teoritis memiliki manfaat sebagai antioksidan untuk tubuh.
Studi tentang air kelapa juga menunjukkan bahwa meminum air kelapa dapat mengurangi resiko terkena serangan jantung, air kelapa juga secara signifikan menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi.
Sejauh ini belum ada penelitian khusus yang menyebutkan efek samping dari mengkonsumsi air kelapa sehingga karena air kelapa ini cukup alami maka dapat dikatakan air kelapa cukup aman untuk di konsumsi dan juga tanpa efek samping, dan juga belum dipelajari juga dosis yang diperlukan untuk mengkonsumsi air kelapa sehingga tidak ada dosis yang disarankan. Namun, air kelapa mengandung cukup banyak natrium sehingga mungkin tidak menjadi pilihan yang baik untuk orang-orang yang dianjurkan untuk mengurangi konsumsi garam.
Secara umum air kelapa mempunyai 6 manfaat kesehatan, yaitu :

1.     Mencegah dehidrasi
Air kelapa dapat membantu mempertahankan tingkat cairan dalam tubuh dan kandungan dari kalium nya juga membantu menjaga tekanan air dalam sel dan darah
2.     Bahan bakar untuk otak dan otot
Karena mengandung elektrolit, air kelapa dapat meningkatkan fungsi sistem saraf dan sistem transmisi syaraf
3.     Membantu kesehatan jantung dan ginjal
Mengurangi resiko hipertensi dan stroke, juga membantu mencegah dan mengatasi batu ginjal
4.     Anti penuaan
Mengandung senyawa sitokinin yang melindungi sel dari penuaan dan kanker
5.     Memperlancar pencernaan
Melancarkan sistem pencernaan dan metabolisme melalui enzim bioaktif. Membantu penyerapan makanan dan obat karena kandungan elektrolitnya, juga dapat meredakan usus yang sakit atau kejang.
6.     Membantu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh
Kandungan asam laurat dalam air kelapa dapat berfungsi sebagai anti jamur, anti bakteri dan anti virus. Ini meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam memerangi infeksi serta membantu untuk membasmi cacing usus dan jamur

*dikutip dari berbagai sumber
Previous Post Next Post